- Product (Barang/Jasa)
- Price (Harga)
- Place (Distribusi)
- Promotion (Usaha peningkatan penjualan)
Sedangkan pada Promotion Mix terdapat lima aspek, yaitu :
·
Advertising (Periklanan)
Semua bentuk penyajian
pesan-pesan penjualan yang bersifat nonpersonal, berupa penjualan tentang
barang atau jasa yang dibayar oleh suatu perusahaan.
Contoh : Iklan pada
media cetak seperti Iklan baris pada koran, Poster, Brosur, Katalog, Benner,
Bilboard. Dan iklan pada media
elektronik melalui radio, televisi, film layar lebar, web.
·
Sales promotion (Promosi Penjualan)
Berbagai bentuk
insentif jangka pendek yang diberikan produsen untuk mendorong keinginan
konsumen agar tertarik dan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa yang
ditawarkan.
Contoh : Kupon undian, kontes, Sample produk dan pameran.
·
Publicity/ Public Relations (Publisitas atau Hubungan
Masyarakat)
Berbagai macam program
yang dibuat untuk memelihara, menciptakan, dan mengembangkan citra dan image
perusahaan atau merek sebuah produk.
Contoh : Kontribusi amal
atau baksos, pidato dan seminar.
·
Personal selling (Promosi pribadi)
Interaksi langsung
dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan melakukan presentasi, menjawab
pertanyaan, dan menerima pesanan dari pembeli yang dapat dilakukan secara
langsung (face to face) maupun
melalui telephone.
·
Direct marketing (Pemasaran Langsung)
Interaksi langsung
dengan konsumen melalui penggunaan mobile messaging, email, telepon, fax iklan
tampilan online, brosur, distribusi katalog, dan outdoor iklan untuk melakukan
komunikasi secara langsung agar mendapat tanggapan dari calon konsumen.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar