Kamis, 10 Oktober 2013

Promotions Mix

Bauran Promosi (Promotion Mix) adalah bagian dari Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Dimana marketing mix Meliputi 4P yaitu:

  • Product (Barang/Jasa)
  • Price (Harga)
  • Place (Distribusi)
  • Promotion (Usaha peningkatan penjualan)

Sedangkan pada Promotion Mix terdapat lima aspek, yaitu :
·         Advertising (Periklanan)
Semua bentuk penyajian pesan-pesan penjualan yang bersifat nonpersonal, berupa penjualan tentang barang atau jasa yang dibayar oleh suatu perusahaan.
Contoh : Iklan pada media cetak seperti Iklan baris pada koran, Poster, Brosur, Katalog, Benner, Bilboard.  Dan iklan pada media elektronik melalui radio, televisi, film layar lebar, web.
·         Sales promotion (Promosi Penjualan)
Berbagai bentuk insentif jangka pendek yang diberikan produsen untuk mendorong keinginan konsumen agar tertarik dan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa yang ditawarkan.
Contoh : Kupon undian, kontes, Sample produk dan pameran.
·         Publicity/ Public Relations (Publisitas atau Hubungan Masyarakat)
Berbagai macam program yang dibuat untuk memelihara, menciptakan, dan mengembangkan citra dan image perusahaan atau merek sebuah produk.
Contoh : Kontribusi amal atau baksos, pidato dan seminar.
·         Personal selling (Promosi pribadi)
Interaksi langsung dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesanan dari pembeli yang dapat dilakukan secara langsung (face to face) maupun melalui telephone.
·         Direct marketing (Pemasaran Langsung)

Interaksi langsung dengan konsumen melalui penggunaan mobile messaging, email, telepon, fax iklan tampilan online, brosur, distribusi katalog, dan outdoor iklan untuk melakukan komunikasi secara langsung agar mendapat tanggapan dari calon konsumen.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar