Selasa, 03 September 2013

Komunikasi Pemasaran

Sebelum kita membahas mengenai komunikasi pemasaran, ada baiknya kita meengetahui terlebih dahulu mengenai arti dari komunikasi itu sendiri.

Berdasarkan teori Harold LasswellWho says what, to whom, to which channel and with what effect”  (1960) dapat dianalisa sebagai berikut :
1.      Who? (siapa/sumber)
Yaitu Komunikator (pihak yang menyampaikan pesan atau informasi bisa seorang individu, kelompok, organisasi, maupun suatu negara sebagai komunikator).
2.      Says What? (pesan)
Apa yang akan disampaikan atau dikomunikasikan kepada komunikan (penerima pesan) dari komunikator.
3.      To  whom? (untuk siapa)
Seorang individu, kelompok, organisasi, sampai suatu negara yang berperan sebagai komunikan.
4.      To which channel? (saluran/media)
Media atau alat yang digunakan komunikator untuk menyampaikan pesan kepda komunikan baik secara langsung (tatap muka) maupun tidak langsung (koran, radio, tv dan internet).
5.      With what effecf? (dampak)
Dampak/efek yang terjadi pada komunikan setelah menerima pesan dari komunikator seperti perubahan sikap, bertambahnya pengetahuan, dll.

Dapat disimpulkan bahwa Komunikasi Pemasaran merupakan proses penyampaian pesan atau informasi suatu produk atau penyuluhan dari penjual (komunikator) kepada pelanggan/masyarakat (komunikan) menggunakan media langsung (tatap muka) maupun tidak langsung (iklan di media cetak atau elektronik) yang akan menimbulkan dampak ketertarikan dan pemahaman kepada produk atau pesan yang ingin disampaikan.

Mengapa Seorang Desainer Grafis Harus Memahami Teantang Komunikasi Pemasaran?

Karna seorang desainer grafis tidak bisa hanya bekerja dengan skill atau kemampuan semata, melainkan harus menggunakan suatu data dari konsumen atau konsep yang kita buat agar kita mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen.

Contoh:
Firman (konsumen) datang menemui Dita (desainer grafis) untuk meminta dibuatkan cover buku yang berjudul Komunikasi Pemasaran. Dita tidak bisa langsung mengerjakan cover buku tersebut begitu saja melainkan harus mengkomunikasikan data yang diperlukan untuk membuat desain tersebut seperti data teknis (penulis, penerbit, sinopsis, dll), ukuran dan juga tebal buku untuk menentukan ukuran punggung buku pada cover yang akan dibuat.

Sekilas tentang Harold lasswell

Harold Lasswell Dwight lahir pada tanggal 13 Februari 1902. dia adalah seorang ilmuwan politik terkemuka dan Amerika Serikat dan pendiri teori komunikasi. Ia juga merupakan anggota dari sekolah Chicago sosiologi dan seorang profesor sekolah Chicago sosiologi di Universitas Yale, di samping ia juga adalah presiden dari Asosiasi Ilmu Politik Amerika (APSA) dan Akademi Dunia Seni dan Sains (WAAS) . Menurut biografi yang ditulis oleh Gabriel Almond saat kematian Lasswell diterbitkan oleh National Academy of Sciences pada tahun 1987, Lasswell termasuk dalam peringkat inovator kreatif dalam ilmu-ilmu sosial pada abad kedua puluh. Pada saat itu, Almond menegaskan bahwa “beberapa orang menegaskan bahwa ia adalah ilmuwan politik yang paling asli dan paling produktif pada masanya". www.biografiasyvidas.com 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar