Kamis, 26 September 2013

Dasar-Dasar Pemasaran (Marketing)

MARKETING
Marketing atau dalam bahasa Indonesia disebut Pemasaran, Adalah penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Fungsi dari Marketing itu sendiri terdiri dari beberapa sbb :
Distribusi         : Penjualan barang ke konsumen
Display            : Pemanjangan barang di took
Promosi           : Memperkealkan barang ke konsumen
Konsultan        : menerika keluhan / saran konsumen
Pelayanan        : Melayani konsumen dengan baik
Menjaga Citra : Sebagai wakil dari perusahaan menjaga citra produk dan perusahaan itu sendiri
Seorang Marketing yang professional juga harus memiliki prinsip dasar sbb:
  Ø  Tahu
          Mengerti benar produk apa yang dijualnya,harga barang, kualitas dan keistimewaannya
  Ø  Bisa
          Sanggup melakukan tugasnya, baik dalam menjual produk dan menutup target penjualan.
  Ø  Mau
          Memiliki keinginan untuk memperkenalkan produknya agar diminati oleh konsumen.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran dari sudut pandang penjual :
1.      Product
Menguasai barang dagangan yang dijual, baik keunggulannya, spesifikasinya dan hal-hal lain yang berhubungan dengan produk tersebut.

2.      Price
Mengusai berapa harga barang tersebut, harga jualya, keuntungan yang bias diraih, dll

3.      Place
Seorang marketing yang pandai, tahu dimana ia harus melakukan trik-trik tertentu. Juga tahu tempat/sasaran yang dituju, dimana produknya akan laku dijual.

4.      Promotion
Bisa mempromosikan/memperkenalkan produknya kepada semua orang agar orang lain tertarik untuk membeli.
Dari sudut pandang konsumen :
  1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
  2. Biaya konsumen (cost to the customer),
  3. Kenyamanan (convenience), dan
  4. Komunikasi (comunication).

Konsep Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi:
Kebutuhan (suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu).
Keinginan (kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam).
Permintaan (keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya).

Tujuan dari Marketing itu sendiri adalah sbb :
1.      Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.

2.      Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.

3.      Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar